KEADILAN SOSIAL DAN KEADILAN EKONOMI


TELAH kitd bicarakan TENTANG Hubungan ANTARA individu DENGAN 'masyarakat Dimana Kemerdekaan Dan pembatas Kemerdekaan saling bergantungan, dan DI mana Perbaikan Kondisi 'masyarakat tergantung pãda Perencanaan Manusia dan usaha-usaha Bersamanya. JIKA Kemerdekaan dicirikan hearts Bentuk Yang TIDAK bersyarat (Kemerdekaan Tak Terbatas) Maka Sudah terang bahwa SETIAP orangutan diperbolehkan Mengejar DENGAN prabayar bebas Segala keinginan pribadinya.

Akibatnya pertarungan keinginan Yang bermacam-macam ITU Satu sama berbaring hearts kekacauan ATAU anarchi. Sudah Barang tentu menghancurkan 'masyarakat Dan meniadakan Kemanusiaan sebab ITU Harus ditegakkan Keadilan 'masyarakat hearts. Siapakah Yang Harus menegakkan Keadilan, hearts 'masyarakat? Sudah Barang pasti ialah 'masyarakat Sendiri, tetapi hearts prakteknya diperlukan adanya Satu Kelompok hearts' masyarakat Yang KARENA KUALITAS-KUALITAS Yang dimilikinya Senantiasa mengadakan usaha-usaha menegakkan Keadilan ITU DENGAN jalan Selalu menganjurkan Sesuatu Yang bersifat Kemanusiaan Serta mencegah terjadinya Sesuatu Yang berlawanan DENGAN Kemanusiaan.

KUALITAS terpenting Yang Harus dipunyainya, ialah rasa Kemanusiaan Yang Tinggi Astra Honda Motor sebagai pancaran kecintaan Yang Tak Terbatas pãda Tuhan. Di Samping ITU diperlukan kecakapan Yang Cukup. Kelompok orang-orangutan ITU Adalah Pimpinan 'masyarakat; ATAU setidak-tidaknya mereka Adalah orang-orangutan Yang Seharusnya memimpin 'masyarakat. Memimpin Adalah menegakkan Keadilan, Menjaga agar SETIAP orangutan memperoleh hak asasinya, Dan hearts Jangka Waktu Yang sama menghormati Kemerdekaan orangutan berbaring Dan martabat kemanusiaannya Astra Honda Motor sebagai termanifestasi kesadarannya akan tanggung jawab sosial.

Negara Adalah Bentuk 'masyarakat Yang terpenting, Dan Pemerintah Adalah Susunan 'masyarakat Yang terkuat Dan berpengaruh. Oleh sebab ITU Pemerintah Yang Pertama berkewajiban menegakkan kadilan. Maksud Semula Dan mendasar daripada didirikannya gatra Dan Pemerintah ialah guna melindungi Manusia Yang Menjadi Warga Negara daripada kemungkinan perusakkan Terhadap Kemerdekaan Dan harga Diri Astra Honda Motor sebagai Manusia sebaliknya SETIAP orangutan mengambil Bagian Pertanggungjawaban hearts masalah-masalah differences Dasar Persamaan Yang TIMAH melalui demokrasi.

PADA dasarnya 'masyarakat DENGAN masing-masing Pribadi Yang ADA didalamnya haruslah Memerintah Dan memimpin Diri Sendiri (Hadist: "kullukum raain wakullukum mas uulun 'an raiyyatih " -Bukhari & Muslim) . Oleh KARENA ITU Pemerintah haruslah merupakan kekuatan Pimpinan Yang serasi lahir Dari 'masyarakat Sendiri. Pemerintah haruslah demokratis, berasal Dari rakyat, rakyat Diposkan Dan UNTUK rakyat, menjalankan kebijaksanaan differences persetujuan rakyat berdasarkan musyawarah Dan Keadilan Dimana Dan martabat Kemanusiaan TIDAK terganggu. Kekuatan Yang sebenarnya yang Didalam gatra ADA ditangan rakyat, Dan Pemerintah Harus bertanggung jawab pãda rakyat.

Menegakkan Keadilan Berhubung dgn bawah penguasaan differences keinginan-keinginan Dan kepentingan-kepentingan Pribadi Yang tak Mengenal Batas (hawa nafsu). Adalah Kewajiban Dari gatra Sendiri Dan kekuatan-kekuatan sosial UNTUK menjunjung Tinggi Prinsip kegotongroyongan Dan kecintaan Sesama Manusia. Menegakkan Keadilan Adalah amanat rakyat ditunjukan kepada Pemerintah Yang musti dilaksanakan.

Ketaatan rakyat ditunjukan kepada Pemerintah Yang adil merupakan ketaatan ditunjukan kepada Diri Sendiri Yang wajib dilaksanakan. Didasari Diposkan oleh SIKAP Hidup yang Benar, ketaatan kapada Pemerintah termasuk hearts Lingkungan ketaatan ditunjukan kepada Tuhan (Kebenaran Mutlak) Dan Rasulnya (Pengajar TENTANG Kebenaran). Pemerintah yang Benar Dan Harus ditaati ialah mengabdi ditunjukan kepada Kemanusiaan, kebenaran Dan Akhirnya ditunjukan kepada Tuhan YME.

Perwujudan menegakkan Keadilan Yang terpenting Dan berpengaruh ialah menegakkan Keadilan di Bidang Ekonomi ATAU pembagian kekeyaan Diantara Anggota Anggota 'masyarakat. Keadilan menuntut agar SETIAP orangutan DAPAT Bagian Yang Wajar Dari Kekayaan ATAU rejeki. Dalam 'masyarakat Yang TIDAK Mengenal Batas-Batas individu, Sejarah merupakan perjuangan dialektis Yang berjalan Tanpa Kendali Dari golongan pertentangan-pertentangan Yang didorong Diposkan ketidakserasian ANTARA pertumbuhan kekuatan Produksi disatu pihak Dan pengumpulan Kekayaan Diposkan golongan-golongan Kecil DENGAN hak-hak Istimewa dilain pihak. KARENA Kemerdekaan Tak Terbatas mendorong timbulnya Jurang-Jurang Pemisah ANTARA Kekayaan Dan Kemiskinan Yang Semakin hearts. Proses Selanjutnya - Yaitu Bila Sudah mencapai Batas Maksimal - pertentangan golongan ITU akan menghancurkan Sendi-Sendi tatanan sosial Dan membinasakan Kemanusiaan Dan peradabannya .

Dalam 'masyarakat Yang TIDAK adil, kekeyaan Dan Kemiskinan akan Terjadi hearts KUALITAS Dan proporsi Yang TIDAK Wajar sekalipun Realitas Selalu menunjukkan Perbedaan-Perbedaan ANTARA Manusia hearts kemampuan Fisik maupun mental yang namun hearts Kemiskinan hearts 'masyarakat DENGAN Pemerintah Yang TIDAK menegakkan Keadilan Adalah Keadilan Yang merupakan perwujudan Dari kezaliman .

Orang-Orang Kaya Menjadi Pelaku daripada kezaliman sedangkan orang-orangutan Miskin dijadikan sasaran, ATAU korbannya. Oleh KARENA ITU Astra Honda Motor sebagai Yang Menjadi sasaran, kezaliman, orang-orangutan Miskin berada Dipihak yang Benar. Pertentangan ANTARA kaum Miskin Menjadi pertentangan ANTARA kaum Yang menjalankan kezaliman Dan Yang dizalimi. Dikarenakan kebenaran pasti Menang Terhadap kebhatilan, Maka pertentangan ITU disudahi DENGAN Kemenangan tak terhindar Bagi kaum Miskin, kemudian mereka memegang tampuk Pimpinan hearts 'masyarakat .

Kejahatan di Bidang Ekonomi Yang Menyeluruh Adalah penindasan Diposkan oleh kapitalisme. Mencari Google Artikel kapitalisme DENGAN MUDAH Seseorang DAPAT memeras orang-orangutan Yang Berjuang mempertahankan hidupnya KARENA Kemiskinan, kemudian merampas hak-haknya Beroperasi TIDAK sah, berkat kemampuannya UNTUK memaksakan persyaratan kerjanya Dan Hidup ditunjukan kepada mereka. Oleh KARENA ITU menegakkan Keadilan Berhubung dgn pemberantasan kapitalisme Dan segenap usaha akumulasi Kekayaan pãda sekelompok Kecil 'masyarakat. Sesudah syirik, kejahatan terbesarnya ditunjukan kepada Kemanusiaan Adalah penumpukan harta Kekayaan Beserta penggunaanya Yang TIDAK Benar, menyimpang Dari kepentingan Umum, TIDAK mengikuti jalan Tuhan. Maka menegakkan Keadilan Inilah membimbing Manusia to Arah Pelaksanaan tata 'masyarakat Yang akan memberikan ditunjukan kepada SETIAP orangutan kesempatan Yang sama UNTUK mengatur hidupnya Beroperasi prabayar bebas Dan terhormat (amar ma'ruf) Dan pertentangan Terus menerus Terhadap Segala Bentuk penindasan ditunjukan kepada Manusia ditunjukan kepada kebenaran asasinya Dan rasa Kemanusiaan ( nahi munkar). Mencari Google Artikel perkataan berbaring Harus diadakan restriksi-restriksi ATAU caracara memperoleh, mengumpulkan Dan menggunakan Kekayaan ITU. Cara Yang TIDAK bertentangan DENGAN kamanusiaan diperbolehkan (dihalalkan Yang ma'ruf) Cara sedangkan Yang bertentangan DENGAN Kemanusiaan Dilarang (Yang kemungkaran diharamkan).

Pembagian Ekonomi Beroperasi TIDAK Benar ITU ADA Hanya hearts suatu 'masyarakat Yang TIDAK menjalankan prisip Ketuhanan YME, Dalam hal ini kami Pengakuan berketuhanan YME tetapi TIDAK melaksanakannya sama nilainya DENGAN TIDAK berketuhanan sama Sekali. Sebab Nilai-Nilai Yang TIDAK DAPAT dikatakan Hidup SEBELUM menyatakan Diri hearts amal Perbuatan Yang Nyata.

Dalam suatu 'masyarakat Yang TIDAK menjadikan Tuhan Astra Honda Motor sebagai Satu-Satunya Tempat tunduk Dan menyerahkan Diri, Manusia DAPAT diperbudaknya ANTARA berbaring Diposkan Benda harta. TIDAK Lagi Seorang pekerja Menguasai hasil temuan pekerjaanya, tetapi justru dikuasai Diposkan hasil temuan Pekerjaan ITU. Produksi Seorang buruh memperbesar kapital majikan Dan kapital ITU Selanjutnya Hobi memperbudak buruh. Demikian pula Terjadi pãda majikan Bukan besarbesaran Menguasai kapital tetapi kapital itulah Yang menguasainya. Kapital ATAU Kekayaan TELAH menggenggam Dan memberikan sifat-Sifat Tertentu seperti keserakahan, ketamakan Dan kebengisan.

Oleh KARENA ITU menegakkan Keadilan Bukan Saja DENGAN amar ma'ruf nahi  munkar sebagaimana diterapkan dimuka, tetapi JUGA melalui Pendidikan Yang intensif Terhadap Pribadi-Pribadi agar differences Mencintai kebenaran Dan menyadari Beroperasi Mendalam akan andanya tuhan. Sembahyang merupakan Pendidikan Yang kontinyu, Astra Honda Motor sebagai Bentuk formil Peringatan ditunjukan kepada tuhan. Sembahyang yang Benar akan Hobi Efektif hearts meluruskan Dan membetulkan Garis Hidup Manusia.

Sebagaimana besarbesaran mencegah kekejian Dan kemungkaran. Jadi sembahyang merupakan penopang Hidup yang Benar (Hadist: " . sembahyang Adalah tiang agama . Barangsiapa mengerjakannya berarti menegakkan agama Barangsiapa meninggalkannya berarti merobohkan agama "-Baihaqi) . Sembahyang menyelesaikan masalah - masalah Kehidupan, termasuk Pemenuhan Kebutuhan Yang ADA Beroperasi instrinsik pãda rohani Manusia Yang Mendalam, Yaitu Kebutuhan sepiritual Berupa pengabdian Yang bersifat Mutlak. Pengabdian Yang TIDAK tersalurkan Beroperasi Benar ditunjukan kepada tuhan YME tentu tersalurkan kearah Sesuatu Yang lain. Dan membahayakan Kemanusiaan. Dalam Hubungan ITU TELAH terdahulu Keterangan TENTANG syirik Yang merupakan kejahatan Terhadap mendasar Kemanusiaan.

Dalam 'masyarakat adil Yang Mungkin Masih Terdapat pembagian Manusia Menjadi golongan kaya Dan Miskin. Tetapi HAL ITU Terjadi hearts Batas - Batas kewajaran Dan kemanusian DENGAN pertautan Kekayaan Dan Kemiskinan Yang mendekat. Hal ITU sejalan DENGAN dibenarkannya Pemilikan Pribadi ( swasta kepemilikan ) differences harta Kekayaan Dan adanya Perbedaan - Perbedaan tak terhindar Dari pãda kemampuan - kemampuan pribadi, Fisik maupun mental.

Walaupun demikian usaha - usaha kearah Perbaikan hearts pembagian rezeki to Arah Yang merata differences Harus dijalankan Diposkan oleh 'masyarakat. Dalam HAL Suami zakat Adalah Penyelesaian terakhir di masalah Perbedaan kaya Dan Miskin ITU. Zakat dipungut Dari orangutan - orangutan kaya hearts Jangka Waktu Tertentu presentase UNTUK dibagikan ditunjukan kepada orangutan Miskin. Zakat DIKENAKAN Hanya differences harta Yang TIMAH Beroperasi Benar, sah, halal Dan Saja. Sedang harta Kekayaan Yang haram TIDAK DIKENAKAN zakat tetapi Harus dijadikan Milik Umum guna Manfaat Bagi rakyat DENGAN jalan penyitaan Diposkan oleh Pemerintah. Oleh KARENA ITU, SEBELUM penarikan zakat dilakukan terlebih PT KARYA CIPTA PUTRA Harus dibentuk suatu 'masyarakat adil berdasarkan Ketuhanan Yang Tuhan Yang Maha Esa, Dimana TIDAK Lagi didapati Cara memperoleh Kekayaan Beroperasi haram, Dimana penindasan differences Manusia Diposkan oleh Manusia dihapuskan.

Sebagaimana ADA Ketetapan TENTANG Bagaimana harta Kekayaan ITU TIMAH, JUGA ditetapkan Bagaimana mempergunakan harta Kekayaan ITU. Pemilikan Pribadi dibenarkan Hanya JIKA Hanya digunakan hak ITU TIDAK bertentangan, Pemilikan Pribadi Menjadi Batal Dan Pemerintah berhak mengajukan konfiskasi.

Seorang dibenarkan mempergunakan harta Kekayaan hearts Batas - Batas Tertentu, Yaitu hearts Batas TIDAK Kurang tetapi JUGA TIDAK melebihi rata - rata PENGGUNAAN hearts 'masyarakat. PENGGUNAAN Yang Berlebihan (tabzier ATAU israf) bertentangan DENGAN perikemanusiaan. Kemewahan Selalu Menjadi provokasi Terhadap pertentangan golongan hearts 'masyarakat MEMBUAT Akibat destruktif. Sebaliknya PENGGUNAAN Kurang Dari 'masyarakat rata-rata (taqti) merusakkan Diri Sendiri hearts' masyarakat disebabkan membekunya sebagian Dari Kekayaan Umum Yang DAPAT digunakan UNTUK Manfaat Bersama.

Hal ITU Semuanya merupakan kebenaran KARENA pãda hakekatnya Seluruh harta Kekayaan Suami Adalah Milik Tuhan. Manusia Seluruhnya diberi hak Yang sama differences Kekayaan ITU Dan Harus diberikan Bagian Yang Wajar Dari padanya.

Pemilikan Diposkan Seseorang (Beroperasi Benar) Hanya bersifat relatif yang Astra Honda Motor sebagai mana amanat Dari Tuhan. PENGGUNAAN harta ITU Sendiri Harus sejalan DENGAN Yang dikehendaki tuhan, UNTUK Umum kepentingan. Maka kalau Terjadi Kemiskinan, orangutan - orangutan Miskin diberi hak differences sebagian harta orangutan - orangutan kaya, terutama Yang Masih Dekat hearts Hubungan Keluarga. Adalah Kewajiban gatra Masyarakat Dan UNTUK melindungi Kehidupan Keluarga Dan memberinya Bantuan Dan dorongan. Negara Yang adil menciptakan persyaratan Hidup Yang Wajar sebagaimana Yang Diposkan diperlukan Pribadi-Pribadi agar diandan keluarganya DAPAT mengatur hidupnya Beroperasi terhormat TPU DENGAN kainginan-keinginannya UNTUK DAPAT MENERIMA tanggung jawab differences Kegiatan-kegiatnnya. Dalam prakteknya, HAL ITU berarti bahwa Pemerintah Harus Membuka jalan Yang MUDAH Dan kesempatan Yang sama kearah Pendidikan, kecakapan Yang Wajar Kemerdekaan Beribadah sepenuhnya Dan pembagian Kekayaan bangsa Yang Pantas.
*** Salam Sejahtera Dari Saya UNTUK Andari para Pembaca.

Sumber: Konstitusi HMI (Hasil-hasil temuan Kongres Himpunan Mahasiswa Islam Ke-XXVIII, Jakarta Timur, Depok, Jakarta Selatan, 15 Maret S / D 15 April 2013)

0 Response to "KEADILAN SOSIAL DAN KEADILAN EKONOMI"

wdcfawqafwef